Ads 720 x 90

Menelisik pinjaman online berkedok penipuan



Tahun 2019 ini, dimana ponsel pintar sudah merajai pasar dan digunakan oleh semua orang baik kalangan muda maupun tua. Dengan  tampilan super lebar yang dimiliki android, didukung dengan tatap muka pengguna yang semakin mudah membuat orang akan lebih mudah menggunakannya. Kemudahan yang ditawarkan dapat memberikan informasi yang lebih jelas dan detil terhadap pengguna.
Seperti contoh layanan perpesanan yang dimiliki berbagai smartphone sejak beberapa tahun yang lalu hingga sekarang. Jika  dibandingkan dengan tampilan perpesanan sebelumnya, kekurangan dari tampilan sebelumnya telah diatasi pada ponsel pintar sejak kemunculannya pertama kali.
Tampilan perpesanan ini akan sangat mudah mengidentifikasi nomer palsu yang berpura-pura menyamar menjadi sebuah pengirim pesan resmi. Jika kita melihat tampilan perpesanan hp jadul nokia misalnya, terlihat tampilan pesan dan pengirimnya terpisah. Sehingga  banyak penipuan dapat terjadi lewat sms. Seperti contoh penipuan seperti dibawah ini...



Perkembangan teknologi tidak menyurutkan para penjahat yang memanfaatkan keadaan. Meskipun dengan tampilan antarmuka pengguna android yang jelas, penipu masih saja menggunakan metode lama yang digunakan untuk melancarkan aksi mereka. 

Layanan sms ini juga seringkali digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk melayangkan berita pijaman online. Lain  halnya dengan sms penipuan berkedok pemberian hadiah yang telah lama ada, modus pinjaman online ini banyak memakan koban. Kemudahan pinjaman online salah satunya yang dapat menyebabkan banyak orang tetarik, sehingga tidak sedikit yang tertipu. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri pinjaman online yang berkedok menipu:


Paling bawah menunjukkan harus transfer dahulu untuk deposit
  • Menggunakan syarat yang mudah seperti hanya foto KTP, KK, Foto Mandiri dan tidak disertai langkah untuk langsung menuju ke kantor yang jelas alamat yang tertera. Biasanya, biaya deposit atau biaya yang terlebih awal harus di transfer ke pihak pinjaman online untuk mencarikan dana yang diinginkan.
  • Seringkali modus yang digunakan pelaku adalah dengan menawarkan jasa pinjaman dengan bunga yang sangat kecil dengan total pinjaman yang lumayan menggiurkan. Jika dilihat secara kasat mata, mungkin bunga yang diberikan tersebut rata-rata ada dibawah suku bunga yang beredar pada bank atau jasa peminjaman uang yang memiliki kantor offline.
  • Menggunakan nama Perusahaan Resmi juga dilakukan untuk dapat menarik pelanggan yang akan ditipu. Penggunaan nama resmi ini yang cukup berbahaya jika tidak jeli.


Bunga kecil


Alamat di Maps

Seperti asli

Dalam menghadapi berbagai persoalan pinjaman online tersebut, kami memberikan beberapa tips dan trik agar tidak tertipu oleh bisnis online. Tips ini mungkin akan berguna bagi kalian yang ingin meminjam uang

  1. Pastikan perusahaan tersebut memiliki kantor resmi, atau setidaknya tercantum di google maps
  2. Pastikan perusahaan memiliki ijin, berserifikat dari lembaga OJK (otoritas jasa keuangan)
  3. Cari info sebanyak-banyaknya dari internet terakit perusahaan tersebut.
  4. Gunakan pinjaman online yang sudah resmi seperti akulaku dan yang telah memiliki aplikasi
Berikut ini adalah beberapa penelusuran sebuah koperasi simpan pinjam yang sms nya dikirim ke handphone admin. 

Awal sms dikirim dan diarahkan untuk menghubungi via WA. Setelah itu, ditanyakan via WA dan ditanyakan ketentuan. Dijawab dengan jelas ketentuan yang dilayangkan termasuk alamat yang ada. Admin coba cek di alamat tersebut, dan ternyata hanyalah penipuan belaka...




Isi sms nya awal...


Menanyakan ketentuan...


Kelanjutannya...

Cek tempatnya..


Dan ini ada selentingan komen kayak gini..

Dan beberapa yang lainnya...





Namun, kalian yang ingin pinjam harus punya tanggung jawab yang besar. Karena pinjaman online lebih kejam dari kemudahan yang ditawarkan.... seperti ini contohnya...





Sekian dari kami....


Alex bagas
Mencerna Hasrat Untuk Berbagi

Related Posts

Post a Comment