Selamat tinggal kontak google lama

Advertisement
Kontak google merupakan fitur dari google yang dapat menyimpan kontak

Pada postingan admin setahun yang lalu, kontak dapat disimpan di email melalui google contacts. Disana admin membahas serba serbi masalah sinkronisasi/sebuah proses mengupload file file berisi kontak di hp ke penyimpanan google kontak melalui koneksi internet.

Dalam postingan tersebut, admin pernah menyenggol masalah old contact google. Untuk melakukan import sebuah file kontak, menggunakan tampilan lama milik kontak google. Dimana pada saat itu admin belum tahu apakah tujuan kontak google yang lama maupun yang baru. Nah, disini admin akan membahasnya sedikit.

Diawali dengan informasi bahwa old contact google sudah kolaps aka ditutup pada 12 febuari kemarin. Bagi pengguna yang masih menggunakan versi tampilan lama, atau old google interface akan diubah ke versi tampilan baru. Mungkin bagi kalian yang sudah agak berumur, dan memperhatikan kontak google sejak lama. Mereka telah melihat bentuk tampilan google yang lama.

Tapi bagi kita, apakah ada sesuatu dibalik ditinggalkannya tampilan kontak google yang lama?
Dan ternyata, perubahan yang dilakukan ini hanya terdapat pada perbedaan tampilan, secara fungsi tidak ada perbedaan yang signifikan. Beginilah tampilan google kontak yang lama :


Tampilan lama kontak google cukup simpel. Disana terlihat nama diikuti nomor yang tersematkan dalam sebuah kontak. Detail informasi kontak juga ada pada panel sebelah kanan.

Setelah dilakukan pembaharuan, maka tampilan sekarang menjadi seperti ini:


Terlihat daftar nama lebih simpel, tanpa embel embel disebelahnya...

Apa yang membedakan dari yang sebelumnya?

Kontak google yang baru secara otomatis akan memuat informasi dan mengisi secara otomatis jika memang informasi tersebut tersedia. Seperti admin contohkan dibawah ini, informasi detil kontak akan tersedia. Selain hal tersebut, apabila terjadi perubahan data, maka sinkronisasi data kontak akan lancar dan mungkin hanya sedikit mengalami masalah atau macet seperti sebelum-sebelumnya.


Selain tampilan baru, kontak google juga menawarkan fitur yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Fitur tersebut dapat secara cepat dan mudah mengorganisir kontak dengan nama sama atau terduplikasi. Google akan menampilkan hal tersebut untuk dihapus atau diedit. Untuk anda yang pertama kali membuka laman google yang berisi data kontak anda, maka tampilan pop up awal akan langsung memberikan sugesti untuk mengatur kontak terduplikasi. Atau anda bisa membuka nya di bagian panel kanan duplicates.


Sekian, semoga bermanfaat...
Advertisement

You might also like

2 komentar

  1. templatenya sama dengn blog saya REDSOBEK.COM bedanya hanya di rangking, indeks dan backlink, tetapi lagi satunya blog mas arman bagus kok udh hampir 1ribu indeks googlenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.Jarang cek rangking gan ini blog murni tutorial pengalaman admin sendiri :D

      Hapus