Cara Hapus File di Android yang Tidak Bisa di Hapus

Advertisement

Ketika kamu menggunakan laptop ataupun komputer setidaknya kamu pernah satu kali mengalami masalah tidak bisa hapus file seperti foto atau video. Ternyata di android kamu juga bisa mengalami hal tersebut. Tapi jagan khawatir karena selalu ada solusi di setiap masalah.
Buat kamu yang mengalami masalah tidak bisa hapus file di memori penyimpanan android. Pada artikel kali ini akan di ulas beberapa cara untuk menghapus file baik itu foto atau video yang tidak bisa di hapus karena mungkin terjadi sesuatu masalah.

Cara Hapus File di Android yang Tidak Bisa di Hapus


1.Menghentikan Semua Aplikasi yang Berjalan

Android tidak akan mau menghapus suatu file ataupun folder ketika mereka sedang di gunakan. Karena jika hal itu di lakukan maka akan terjadi crash pada aplikasi yang menggunakannya. Contohnya saja jika kamu sedang menonton sebuah video. Secara bersamaan kamu membuka tempat penyimpanan daan mencari video yang sedang kamu tonton lalu menghapusnya. Itu tidak akan bisa di lakukan.

2.Hapus File Lewat Komputer

Jika cara pertama tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba cara kedua yaitu dengan menghapus file melalui komputer. Caranya adalah dengan menghubungkan dahulu smartphone ke perangkat PC atau Laptop dengan menggunakan kabel USB. Lalu silahkan cari file yang tidak bisa di hapus tadi dan hapus. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi file yang idak bisa di hapus di android.
 
hapus file android droidinside


3.Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Berikutnya untuk cara menghapus file yang tidak bisa di hapus pada memori penyimpanan android adalah dengan menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, salah satu yang sangat di rekomendasikan adalah aplikasi bernama SD Card Cleaner. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Google PlayStore.

4.Cadangkan Data Lalu Format Penyimpanan

Cara menghapus file yang tudak bisa di hapus pada penyimpanan android juga bisa kamu lakukan dengan cara memformat penyimpanan. Sebelum melakukan langkah ini kamu harus melakukan backup pada semua data atau file di dalam penyimpanan. Kamu bisa mencadangkan semua file ke Laptop atau PC. Setelah di format kamu bisa mengembalikan file yang sudah di cadangkan tadi.

5.Lakukan Factory Reset

Sama seperti cara sebelumnya di sini kamu juga harus melakukan backup data sebelum melakukan factory reset. Namun bedanya, cara ini akan membuat smartphone android kamu akan kembali seperti baru. Jadi semua data yang ada di dalamnya akan terhapus.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus file yang tidak bisa di hapus pada penyimpanan android.


Advertisement

You might also like

3 komentar

  1. Wah bagus nih tipsnya karena android memang banyak file sampah yang perlu dibersihkan..

    BalasHapus
  2. Sip gan.. Titip juga cara menghapus akun wa teman yang nomor hpnya sudah dihapus tapi tetap muncul. Terimakasih

    BalasHapus