Perbandingan Prosesor Tercepat Qualcomm, Samsung, dan Huawei


Manufaktur prosesor yang terkenal dan merajai pasar sekarang ini dipegang oleh Huawei, Samsung dan Qualcomm. Yang paling banyak untuk smartphone disuplai oleh Qualcomm sedangkan Huawei dan Samsung membuat chipset mereka sendiri. Lalu siapakah prosesor yang paling cepat?
Prosesor rilisan pertengahan 2018 sampai awal 2019 terdapat 3, yaitu:

Merek
Qualcomm
Samsung
Huawei
Chipset
Snapdragon 855
Exynos 9820
HiSilicon Kirin 980
Rilis
Desember 2018
Januari 2019
Agustus 2018
CPU
Kryo 485: 4 x ARM Cortex-A76 + 4 x Cortex-A55
4 x Custom-ARM + 4 x ARM Cortex-A55
4 x ARM Cortex-A76, 4 x -A55
Frekuensi Maks
2.84 GHz
2.7 GHz
2.6 GHz
GPU
Adreno 640
Mali G72 MP12
Mali G76 MP10
Prosesor AI
Hexagon 690
Dedicated NPU
AI NPU
WIFI
802.11a/b/g/n/ac/ad, 4,6 Gbit/s
802.11a/b/g/n/ac
802.11a/b/g/n/ac
LTE
Qualcomm X24 Modem: Cat. 20, 2 Gbit/s
Cat. 20, 2 Gbit/s
Cat. 21, 1.4 Gbit/s
Fabrikasi
7 nm
8 nm
7 nm
Ekstra
Spectra 280 ISP, Eye-Tracking and 6DoF for VR, security processor
Dedicated imaging chip, security processor   
Dual-ISP


Hampir keseluruhan prosesor ponsel menggunakan arsitektur ARM untuk CPU mereka. ARM membuat kelas CPU memiliki perbedaan kekuatan, perbedaan pada variasi SoCs tiap ponsel.

Sejalan dengan penggunaan pemroses grafik, Adreno digunakan oleh Qualcomm untuk akselerasi grafiknya. Samsung dan Huawei menggunakan Mali dari unit ARM. Kesemuanya dialamatkan dengan Android melalui versi OpenGL yang berbeda-beda. Model yang terakhir memberikan dukungan terhadap Volcano. Sehingga keseluruhannya dapat dikomparabel melalui tes benchmark.

Qualcomm Snapdragon 855
Update mayor disematkan Snapdragon pada tahun 2019 berfokus pada Virtual Reality dan Aritficial Intelegent. Optimisasi dilakukan pada rendering dan resolusi tampilan. Chipset menangani six degree of freedom (pergerakan bebas) tanpa tambahan hardware ekternal. Perangkat VR menjadi sistem tunggal yang didukung.
Fitur baru DSP disematkan pada Snapdragon 855 yang dijuluki Hexagon 690 dan fitur baru Tensor Accelerator didesain untuk mendukung segala hal yang berhubungan dengan AI. Kecepatan luar biasanya pada chip AI Qualcomm ini mencapai 7 triliun perhitungan perdetik.

Samsung Exynos 9820
Chipset yang dibuat dengan arsitektur 8nm ini memiliki daya konsumsi yang lebih rendah dibanding pendahulunya, Exynos 9810 yang disematkan di Galaxy 9. Mendukung perekaman video beresolusi 8K pada 30 fps, serta dapat merekam pada saat nge game pada resolusi 4K. Fitur utama yang akan disematkan yaitu dedicated NPU (neutral processing unit) untuk tugas AI. Lebih cepat 7x dalam pemrosesan tugas AI dibanding chipset pendahulunya.

HiSilicon Kirin 980
Kirin 980 disematkan pada ponsel besutan Huawei type Mate 20 Pro yang merupakan ponsel pertama dengan chipset AI. Manufaktur chipset ini pertama kali menggunakan fabrikasi 7 nm.

Perbandingan yang dilakukan admin mungkin belum udate, mengingat jika dilihat Samsung memiliki Chipset yang paling baru dibandingkan kedua chipset besutan Qualcomm dan Huawei. Untuk melihat chipset terbaik bisa dikatakan cukup sulit, karena setiap chipset memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri. Baik Qualcomm, Samsung maupun Huawei memiliki spesialisasi tersendiri.
Jika android kamu dirasa lemot, ada tips dari kami di SINI...
Stay tune ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbandingan Prosesor Tercepat Qualcomm, Samsung, dan Huawei"

Post a Comment

Posting Terbaru

Cara Hapus File di Android yang Tidak Bisa di Hapus

Ketika kamu menggunakan laptop ataupun komputer setidaknya kamu pernah satu kali mengalami masalah tidak bisa hapus file seperti foto atau ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel