Memory Internal Penuh Karena Chrome


Berawal dari pengalaman admin dalam menggunakan ponsel pintar, ada sedikit hal mengganjal, yaitu pada penggunaan memory internal yang kelihatan penuh.


Pengguna ponsel pintar pada segmen menengah kebawah sering mengalami masalah salah satunya menyerang pada kapasitas penyimpanan yang kurang banyak. Fitur ponsel seperti kamera yang sangat bagus sering tidak imbang dengan penyimpanan tersematkan. Untuk menyimpan sebuah foto beresolusi 13 megapixels misalnya, membutuhkan 3-5 mb. Belum lagi bagi pengguna yang sibuk memiliki banyak kegiatan sehingga perlu penyimpanan selain dari hasil jepretan kamera. Mereka dengan pekerjaan yang mengharuskan instal aplikasi pembaca pdf maupun file dari microsoft office sampai pada aplikasi yang digunakan dalam pekerjaan dapat menghambat kinerja pekerja itu sendiri. Perlu diketahui banyak hal yang dapat menyebabkan sebuah ponsel lebih cepat penuh penyimpanannya.

Untuk kasus ponsel jadul, tidak lain dan tidak bukan salah satunya disebabkan oleh file sistem. Ada beberapa smartphone yang terus mendapatkan update meskipun spesifikasi sudah tidak mencukupi untuk jamannya. Ponsel Asus Zenfone 4 milik admin misalnya, mendapat update sampai OS (Operating System) Android Lollipop. Sungguh menyenangkan, untuk ukuran ponsel ber RAM 1 Gb, OS tersebut membuat penggunaannya lebih smooth dan adem. Namun, dibalik itu semua harus dibayar dengan sisa penyimpanan internal kurang dari 1 Gb. Tentunya untuk melakukan penambahan aplikasi kurang memungkinkan, apalagi game. Ada sisi positif maupun negatifnya juga apabila menggunakan OS yang lebih lama.

Kasus ponsel yang cukup baru pun bisa mendapat masalah dalam penyimpanannya. Memasang 2 jenis game yang cukup besar, misalnya Mobile Legend dan PUBG dalam ponsel Xiaomi Redmi 5a akan berdampak pada penuhnya penyimpanan. Ketika 2 game tersebut dipasang secara bersamaan, maka kesempatan untuk mengambil gambar/video untuk disimpan yang lebih banyak akan berkurang.

Thumbnails merupakan sebuah gambaran kecil gambar pada setiap folder yang ada di Android. Semakin banyak foto yang disimpan, maka kemungkinan besar akan dibarengi ukuran thumbnail yang semakin besar juga.



Google Chrome...
Aplikasi browsing ini salah satu momok penyebab penuhnya memory internal android. Kok bisa?
Lihat saja di bawah ini...


Seringkali admin menemui kasus pada ponsel yang menggunakan penjelajah Chrome dalam ponsel mereka terjadi penumpukan data didalamnya. Hal ini disebabkan, Chrome yang lama digunakan dan semakin bevariasi atau banyak situs yang diakses, maka akan menyebabkan terkurasnya penyimpanan internal. Hal ini sehubungan dengan cache dan data pengguna.

 Untuk dapat membersihkan ini, harus dilakukan secara manual. Karena pembersihan lanjutan hanya akan menghapus cache, tidak termasuk data pengguna.

Buka Setting > Aplikasi Terpasang > Chrome

Maka akan terdapat pilihan untuk menghapus data. Namun, menghapus data ini akan menghapus semua isian situs, history, password dan cache maupun cookies situs. Jika chrome anda sudah tersingkronisasi dengan akun gmail, maka akan aman.

Tips lain yaitu menghapus satu-persatu preferensi situs. Ya, setiap situs yang pernah dibuka Chrome akan terlihat jika masing-masing situs disimpan informasinya.

Buka Chrome > Tekan Titik 3 Pojok Atas Kanan > Setelan > Setelan Situs > Penyimpanan




Muncul preferensi tiap situs, hapus yang diperlukan saja...


Nah, sudah tau sedikit informasi terkait file lainnya di Android kan?
Stay tune ya...

0 Response to "Memory Internal Penuh Karena Chrome"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel