Kegiatan Petugas Kesehatan Tanggulangi DB

Indonesia menduduki peringkat ke-2 kejadian Demam Berdarah (DB) di dunia[1]. Sering kita dapatkan kasus Demam Berdarah (DB) di negara tercinta ini. Bisa kalian jumpai di media internet, maupun berita di tv. Selain melihat kondisi banyaknya penyakit, kita juga harus mengetahui penanggulangannya yang dilakukan oleh petugas kesehatan.



Banyak sumber ilmu maupun informasi yang bisa kalian dapatkan di internet tentang penyakit Demam Berdarah. Disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti maupun A. albopictus ini membawa virus Dengue Haemorraghic Fever (DHF). Vektor atau pembawa penyakit inilah sebagai kunci dalam penyebaran penyakit DB. Secara umum, diketahui Demam Berdarah, namun dalam pemeriksaan medis terdapat perbedaan dalam diagnosisnya yaitu Demam Dengue (DD), Demam Berdarah Dengue (DD), Dengue Shock Syndrome (DSS)2. Ketiga istilah tersebut sangat umum digunakan oleh petugas kesehatan. Sedikit penting untuk mengetahui diagnosis tersebut agar diketahui keparahan penyakit penderita. Jenis diagnosis dapat dilihat di form yang dimiliki petugas kesehatan di puskesmas. Selain penderita penyakit yang harus ditangani dokter, ada peran dari pihak petugas lain untuk penyelesaian masalah penyakit ini.

Penyelidikan Epidemiologi (PE)

Petugas puskesmas/rumah sakit akan mengunjungi rumah pasien DB yang telah dirawat untuk diketahui penyebab sebenarnya darimanakah pasien mendapat infeksi/tertular DB. Petugas puskesmas akan memeriksa tempat berkembangbiak nyamuk (genangan air meliputi penyimpanan air, barang bekas yang dapat menampung air sekitar rumah) dan tempat beristirahat nyamuk  (tempat lembab, kumpulan baju digantung). Dilihat apakah ada jentik nyamuk di tempat-tempat tersebut. Jika ada, maka akan dilakukan pembersihan.
Tidak hanya rumah pasien saja, namun rumah sekitar pasien dalam jarak 10 rumah melingkar disekitar rumah pasien pun akan menjadi sasaran pemeriksaan. Penilaian setiap rumah sesuai standar adalah 95% bebas jentik, artinya dari 100 rumah yang diperiksa hanya 5 rumah saja yang positif ada jentiknya. Apabila tanda-tanda keberadaan kehidupan nyamuk tidak terlihat, maka petugas kesehatan dapat memastikan infeksi terjadi diluar wilayah rumah pasien. Tentunya, petugas akan kepo/bertanya kegiatan pasien sebelumnya dimana tempat kegiatan pasien dapat menjadi sumber penularan.

Meneliti Nyamuk

Nyamuk DB yang ada dalam suatu wilayah akan terus dipantau perkembangannya setiap beberapa waktu. Cara pengambilan sampel nyamuk juga unik (entomologi). Dibutuhkan petugas pria yang sengaja hanya menggunakan celana pendek dan duduk pada jam dimana nyamuk mencari mangsa. Petugas yang lain akan menggunakan selang aspirator untuk mengambil nyamuk yang hinggap di badan. Nyamuk akan dibawa ke laboratorium untuk diteliti kepekaan terhadap obat anti nyamuk, kebiasaan dan lainnya. Nyamuk DB akan dilihat jenis virus yang dibawa dan kemungkinan dibuat obatnya.

Melakukan Pemberantasan

Setelah mengetahui beberapa hal terkait nyamuk demam berdarah, penting untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan penyakit DB. Pertama mengurus pasien agar tidak menulari yang lain, selanjutnya melakukan kegiatan seperti yang kita kenal yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M sampai penggunaan serbuk abate. Upaya yang paling jauh adalah melakukan Fogging, namun cara ini kurang efektif. Kenapa? Jawabannya ada di post selanjutnya ya...

Inti dari keseluruhan posting ini adalah kami berharap agar kita bisa mengerti sedikit tentang seluk beluk kegiatan petugas kesehatan dalam mengatasi masalah demam berdarah. Ingat, musim hujan selalu identik dengan penyakit ini. Jika kalian sudah mengerti apa yang  petugas kesehatan lakukan terkait penyakit DB, maka kita harus mendukung sepenuh hati dan turut serta untuk membantu penanggulangan penyakit DB bersama-sama.
Jaga kebersihan dan kenali potensi berkembangnya nyamuk DB. Stay tune untuk post selanjutnya ya....

Sumber:
1.  World Health Organization. 2011. Dengue Buletin. Vol 35. India: SEARO
2.  Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2013). Pedoman Pengendalian Demam Berdarah               Dengue di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Kegiatan Petugas Kesehatan Tanggulangi DB"

Posting Terbaru

Nikmati banyak Fitur dan Bonus Axis Dengan Aplikasi Axisnet

Droidinside kali ini akan share dan review aplikasi axisnet apk bagi pengguna kartu Axis, kamu bisa nikmati banyak fitur dan bonus axis de...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel