Aplikasi Kesehatan Jiwa Wadah Informasi dan Laporan




Kita awali dengan masalah kesehatan jiwa yang ada di indonesia. 14 juta orang yang merupakan 6% dari keseluruhan rakyat di indonesia berusia 15 tahun keatas mengalami gangguan kejiwaan (riskesdas, 2013).

Masalah kesehatan jiwa tidak hanya yang berat seperti skizofernia, namun cemas, depresi, dan stres juga termasuk didalamnya. Gangguan kejiwaan yang terjadi di Indonesia menyangkut masyarakat dan keluarga penderita. Banyak kasus pengucilan bahkan sampai pengasungan yang terjadi menjadi masalah yang serius bagi dinas sosial maupun pada tingkatan yang paling tinggi, kementrian kesehatan. 

Pemerintah melalui salah satu aplikasi ini merupakan wujud pengendalian terkait kesehatan jiwa di Indonesia. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, dengan ukuran sekitar 19 Mb yang terdapat di playstore.



Fitur fitur yang ada dalam aplikasi tersebut diantaranya:
1. Informasi mengenai kementrian kesehatan indonesia
Berada di pojok bawah kiri. Di Direktorat kesehatan jiwa terdapat visi misi, deskripsi aplikasi, kegiatan yang mereka jalankan dan dasar hukum.


2. Informasi kesehatan
Informasi informasi kesehatan resmi dari kementrian kesehatan sebagai bahan bacaan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan kejiwaan.




3. Laporan
Menarik karena terdapat pilihan untuk "self report", berarti setiap pengguna dapat melaporkan dirinya apabila merasakan gangguan kejiwaan. Apabila ditangani dengan tepat dan cepat, gangguan kejiwaan yang parah (gila) dapat dicegah. Selain itu, pelaporan kasus pemasungan dan percobaan bunuh diri disekitar pengguna dapat dilaporkan melalui aplikasi ini melalui Laporan Segera 119


4. Notifikasi
Melihat daftar pelaporan yang telah dilakukan terkait gangguan kejiwaan. Transparansi data ini mendukung pengguna untuk lebih mudah dalam mencari keluarga yang memiliki gangguan kejiwaan dan kebenaran data yang dilaporkan. Fitur ini hanya tersedia pada versi yang sebelumnya.


5. Deteksi dini
Bagi masyarakat yang merasakan adanya gangguan kejiwaan, kecanduan terhadap minuman keras dan psikotropika dapat melihat seberapa jauh keadaan yang dialami.


6. Informasi pelayanan
Terdapat sub menu fasilitas kesehatan yang memberikan informasi fasilitas kesehatan yang dapat menangani masalah gangguan kejiwaan. Info alur pelayanan memberikan jalan kemana saja kita harus bertindak apabila terdapat masalah gangguan kejiwaan tentunya untuk memverifikasi secara langsung dari bawah apabila telah melakukan pelaporan secara online menggunakan aplikasi ini. Info institusi penerima wajib lapor pecandu narkoba dapat memberikan gambaran institusi yang bergerak dalam menangani kasus narkoba. Pecandu narkoba dapat dikategorikan dalam gangguan kejiwaan akibat psikotropika.




Menurut admin, isinya sudah bagus karena memuat semua dengan lengkap untuk urusan kejiwaan. Bagi kalian yang sudah terkena gangguan kejiwaan akibat psikotropika, kalian dapat melaporkan diri untuk mendapatkan penanganan dengan kerahasiaan diri kalian terjaga.

Masalah sosial seperti penyakit jiwa merupakan burden/beban yang ditanggung disetiap negara di dunia...
Mau bagaimana lagi?
Pemerintah menggelontorkan sejumlah dana hanya untuk merawat orang dengan gangguan tersebut yang masih sedikit kemungkinan untuk sembuh. Kasus ini berantai sampai ke dinas sosial kabupaten/daerah. Ketika ada kasus pesakitan jiwa dan dilaporkan ke dinas sosial, tidak serta merta dinas sosial menerima dan mau menampung. Masalah dana merupakan salah satu yang terjadi bahkan hingga orang gila yang ditampung dinas sosial dibuang kembali ke daerah karena dinas kurang mampu mengelola jumlah dibandingkan dana yang dibutuhkan. Hal ini terjadi di daerah admin.
Untuk dapat mengatasi masalah yang terjadi dilapangan, aplikasi ini sangat bermanfaat. Semoga saja kementrian kesehatan terus mem-follow up aplikasi ini meskipun nanti kedepannya terdapat perubahan program.
Intinya, tetap harus kita dukung terus kinerja pemerintah untuk menyehatkan seluruh masyarakat.

Semoga informasi dan review ini bermanfaat, See you next post.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aplikasi Kesehatan Jiwa Wadah Informasi dan Laporan"

Post a Comment

Posting Terbaru

WhatsApp Masih Update Di Windows Store

Whatsapp jadi satu satunya aplikasi yang masih update di Windows Store. Setelah melaunching Windows Lumia terbarunya di tahun 2015, Perl...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel