Monday, 30 July 2018

Review KZ ED4, Gak Cocok Buat Kuping Kaleng


Earphone merupakan sebuah alat mendengarkan music yang terus mengalami perkembangan. Berbagai merek smartphone mengeluarkan earphone yang secara khusus untuk gadget mereka namun tidak sedikit pabrikan khusus memproduksi earphone. 

Salah satu pabrikan yang membuat banyak seri earphone adalah Knowledge Zenith (KZ). Banyak seri dari KZ ini diantaranya ZS5, ZS3, ED12, dan yang paling terkenal KZ ZST dan ZST PRO. Setiap pabrikan memiliki ciri khas sendiri dalam meracik penampilan earphone mereka. KZ sendiri memiliki ciri khas penggunaan balutan bahan metal dalam seri yang saya sebutkan diatas sehingga tampak premium jika digunakan. 


KZ ED 4 yang merupakan sebuah produk klasik dari KZ. Mungkin banyak diantara kita yang belum mengenal produk KZ. Disebabkan oleh produk ini adalah salah satu produk dengan predikat "Kere Hore". Artinya dengan jumlah uang/budget yang sedikit, kualitas audio yang didapatkan cukup "Hore" atau memuaskan. Berikut beberapa ulasannya:



  • Packing
KZ ED 4 ini admin beli secara online dengan harga Rp 72.000,- . Ketika barang telah datang, wadah yang digunakan cukup simpel namun bagus, karena terdapat kotak. 




  •  Kelengkapan
Desain metal nampak pada kepala dan tombol. Terdapat jack ukuran 3,5 mm. Diameter driver 9,4 mm. Dilengkapi dengan eartips berukuran S, M, dan L.


Kabel yang digunakan terlihat bagus dan menarik. Namun sedikit lengket saat masih baru.



Desain metal pada setiap sisi penting dalam produk ini memberikan nilai tambah tersendiri ketika digunakan.




  • Fungsi Tombol
Tombol 1x untuk mem-pause dan play lagu. Tekan 2x untuk next music. Tekan 3x untuk preious music. Jika dalam telefon, tekan 1x untuk menjawab, 2x untuk reject. Dibawah tombol terdapat mic sehingga cukup lengkap meskipun simpel.




  • Kualitas Suara
Nah, disini kenapa admin memberikan judul posting diatas. Negatif dalam hasil suara adalah treble yang terlalu keras sehingga memberikan efek sakit kepala jika digunakan terlalu lama. Bass nya kurang tebal karena tertutup dengan treble. Hal positif yang ada produk ini adalah suara yang dihasilkan benar-benar jelas dan menutupi suara dari luar, sehingga tidak ada yang terlewatkan saat mendengarkan music, apalagi untuk music jenis akustik. 
Saat menggunakan equaliser bawaan HP yang belum dimodifikasi, maka terdengar suara yang jelek dan kurang ngebass. Kuping kaleng mungkin tidak akan kuat memakai earphone ini...
Cara untuk mengatasi kelemahan ED4 ini adalah dengan memainkan equaliser. Jika menggunakan HP Xiaomi, pengaturan suara dapat disetting dengan mengaktifkan Mi Sound Enhancer dan memilih tipe headphone Mi Earbuds. Maka suara yang dihasilkan akan ngebass lebih enak. 


Selain itu, setting equaliser pemutar musik menjadi Jazz.


Demikian, review KZ ED4...
Earphone yang perlu pembiasaan penggunanya

see next post.




Review KZ ED4, Gak Cocok Buat Kuping Kaleng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: alex bagas

0 komentar:

Post a Comment

Posting Terbaru

Developer Game Terbaik Asal Indonesia

Di balik terciptannya sebuah game ada orang-orang terampil yang bekerja keras untuk membuat kaarya yang bisa di terima oleh orang banyak. ...