Masalah sinkronisasi kontak. Hilang, kadang muncul


Penggunaan ponsel pintar (smartphone) memberikan sebuah keharusan untuk seseorang memiliki sebuah email. Fungsinya beragam, mulai dari berkirim surat elektronik, sampai tempat mencadangkan file. Segala jenis file bisa di upload ke akun email yang terintregasi dengan penyimpanan tertentu semisal drive, google photos dan lainnya. 

Kemudahan yang ditawarkan email untuk menyimpan file di cloud dapat digunakan untuk menyimpan file kontak. Saat pergantian handphone dilakukan, maka kontak yang tersimpan dalam email bisa dipindahkan dengan mudah melalui fitur sinkronisasi pada handphone cerdas.

Dengan koneksi internet yang cukup, sinkronisasi dapat dilakukan dengan cepat. Namun, seringkali sinkronisasi kontak mengalami masalah. Seperti halnya:
- kontak tidak muncul di hp alias hilang, padahal sebelumnya telah berhasil melakukan sinkronisasi
- kontak yang tersinkron hanya sebagian
- kadang kontak muncul kadang tidak muncul

Nah, kasus-kasus diatas admin temukan pada perangkat xiaomi dan asus (dapat juga terjadi di smartphone/device lainnya).

Kita bisa pakai satu solusi ini untuk semua masalah diatas..
Kasus kasus diatas  dapat diatasi dengan memastikan kontak pada perangkat sebelumnya masih ada. Memang pilihan yang sulit,,, tapi hal ini bisa jadi sebuah keharusan bagi kalian yang dalam waktu kedepan akan berganti device.
Langkah awal , kita lakukan pengecekan sinkronisasi.

Namun, terkadang sinkronisasi tidak berjalan dengan lancar meskipun sudah terdapat koneksi yang bagus dan menunggu untuk clear. Kasus sinkronisasi gagal ini sering admin temukan pada ponsel yang menggunakan koneksi internet kartu Three (3). Mungkin saja, provider kartu ini menggunakan aturan koneksi internet yang "crash" dengan sinkronisasi google. Untuk mengatasi ini, gunakan kartu sim yang lain, usahakan menggunakan Telkomsel saja, gunakan untuk sinkronisasi kontak saja, dimana hal ini hanya menggunakan sejumlah kecil kuota dalam operasinya.

Apabila data kontak berada di kartu Sim dan Memory Telepon, maka bisa dilanjutkan. Apabila sudah clear/berhasil dalam sinkronisasi secara online langkah selanjutnya adalah melakukan export kontak menjadi sebuah file.


Lakukan dengan Impor/Expor kontak dan menyimpan dalam bentuk penyimpanan. File ini akan disimpan dalam memory.



Setelah diexport, buka http://contacs.google.com/ untuk membuka laman kontak yang telah sinkron dengan google.


Pilih pada menu/ strip bagian kiri, kemudian import.



Admin gak tau, kenapa ketika akan mengimport file harus menggunakan versi lama (Old Version) dari google kontak. Mungkin pada postingan lain akan admin bahas. Pilih Go to Old Version. Buka import file laman yang lama.
Setelah terbuka, pada menu sebelah kiri, pilih impor kontak....



Pilih dengan berkas, Masukan file vcs yang telah disave (diexport dari penyimpanan internal), yang merupakan file export dari semua kontak yang dimiliki. Proses memasukkan file ini akan membutuhkan waktu, namun tidak lama tergantung dengan koneksi internet.


Apabila ada duplikasi, lakukan penggabungan kontak yang tersedia. Penggabungan ini sama halnya akan menimpa/mengganti kontak yang sesuai tanpa menghapus salah satu kontak. Hal ini terjadi, karena berawal dari masalah diatas yaitu sinkronisasi kontak ke google hanya sebagian saja yang terupload/terbaca oleh google. Kemungkinan disebabkan oleh gangguan/interupsi saat proses sinkronisasi terjadi.


Selesai, file terupload dan terbaca google serta telah terjabarkan disana, kita sudah melakukan pembenaran pada kasus eror sinkronisasi...


Ketika koneksi lancar, maka kontak yang telah disinkronkan akan muncul semua. Sinkronisasi secara manual sebagian ini akan sangat mempermudah dalam sinkronisasi khususnya kontak. 
Untuk kedepannya, simpan dengan meng export file kontak dalam bentuk vcs seperti tutorial diatas apabila dibutuhkan untuk menyelamatkan data kontak. Bila ingin berpindah ponsel tanpa menggunakan koneksi internet, hal ini bisa digunakan sebagai jalan dengan mengirim ke ponsel tujuan.

Belum selesai kok.......

Masalah kontak yang tidak muncul, akan mempengaruhi aplikasi lain, semisal whatsapp. Sinkronisasi yang bermasalah akan berdampak pada hilangnya kontak di Whatsapp seperti contoh dibawah ini.



Sebelum Sinkronisasi, 11 kontak saja, 1 kontak yang ada Wa nya dan WA kosong

Setelah Sinkronisasi

Sekian, bila ada yang kurang jelas bisa hubungi admin.... Terima kasih


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Masalah sinkronisasi kontak. Hilang, kadang muncul"

Post a Comment

Posting Terbaru

Solusi NVRAM WARNING ERR 0x10 Mediatek

NVRAM WARNING : Err = 0x10”. Biasanya muncul saat kamu mengaktifkan jaringan WIFI kamu, NVRAM WARNING : Err = 0x10” keluar seperti jaring...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel