Tuesday, 24 October 2017

Ganti Touchscreen Xiaomi Redmi 4X, Sepaket dengan LCD

Apes adalah apes, sebut saja kurang beruntung. Bisa melanda siapa saja, termasuk admin blog sekalipun.
Kalau diceritain ngenes banget, pokoknya ngenes. Tak tau mengapa tiba tiba kejadian bisa terjadi begitu saja. Smartphone yang baru beberapa minggu dibeli admin, pecah begitu saja layar nya. "Sedih"

Kronologi sebenarnya, ketika duduk santai di teras, sambil menggenggam smartphone untuk di pakai bersosmed ria, kemudian pindah tempat dan mengantongi sang smartphone ke saku baju kiri. Seketika itu juga smartphone jatuh dan langsung pecah layar/touchscreen nya. Sungguh menyedihkan, smartphone nggak masuk kantong malah terjun bebas ke bumi dengan gravitasi 10m/s nya.

Lantas, ketika diukur ketinggian jatuhnya sekitar 1,3 meter an. Langsung jatuh ke paving depan rumah admin. Sempat heran (selain rasa sedih), di internet informasi smartphone tersebut dilapisi dengan layar Gorrila Glass adalah isapan jempol belaka. Sebab, Gorilla Glass pada Asus Zenfone 4 admin lawas jatuh pada ketinggian yang sama, tidak pecah separah Xiaomi ini ditambah dengan titik jatuh yang sama (Atas bagian kanan). Inilah penampakan pecah nya.


Ngenes Banget, Pecah...


Karena pecahnya layar sangat mengganggu dalam penggunaan seperti biasa, admin mencoba memperbaiki nya ke service center. Walaupun admin beli Redmi 4x ini dengan fasilitas garansi TAM selama 1 tahun, tapi admin sangat yakin, pecah akibat kesalahan pengguna tidak akan masuk garansi. 
Mencoba memperbaiki di gerai service resmi Xiaomi di Unicom Solo, admin mendapati, untuk mengganti touchscreen harus 1 PAKET alias MENYATU antara Touchscreen dan LCD nya. Setelah dicek dan admin bertanya estimasi perbaikan yang hanya setengah jam, admin bertanya masalah biaya. Sangat sensitif, "Rp 640.000,- sekalian service dengan penggantian part". Itupun dengan keterangan garansi Hangus.

Unicom Solo (Barat Singosaren)

Harga ganti dan service di Unicom/gerai resmi service cukup mahal. Oleh karena itu, admin berpindah tempat service, dengan hasil yang sama dan Garansi Hangus juga, admin memberanikan diri mengganti Touch dan LCD Redmi 4x di Matahari Singosaren (ini tempat recomended se Solo raya buat beli HP maupun service HP). Solo kota yang cukup besar, dan Redmi 4x ini termasuk masih baru. Namun di tempat tersebut sudah bisa melakukan penggantian part. Di tempat langganan admin service HP, biaya penggantian part dimahar Rp. 450.000,-. Lebih miring apabila dibandingkan dengan Unicom Solo. Akhirnya admin putuskan untuk menggantinya di tempat tersebut dengan ketentuan sama, Touch dan LCD jadi 1 paket. 

Matahari Singosaren, Solo

Penggantian dilakukan selama 1 jam kurang karena antri. Lantas, part yang telah digantipun admin bawa pulang, sebagai bahan share untuk kalian semua. 
Jika kita lihat, part yang diganti akan terlihat tebal gabungan antara Touch dan LCD Redmi 4x ini. 


Touch dan LCD Redmi 4x Menyatu

Kesimpulan yang didapat,
Ganti Touchscreen+LCD Xiaomi Redmi 4X 
Rp.600.000,- Di Gerai Sevice Resmi vs Rp.450.000,- Di Service Biasa

Semoga posting ini bermanfaat bagi kalian semua, semoga bisa menjadi inspirasi. Terlepas dari kekuatan bahan Touch milik Redmi 4X yang katanya internet Gorilla glass, kita harus tetap berhati-hati dalam menggunakan Smartphone ini untuk kehidupan sehari-hari, hindari jatuh/terbentur. Stay Tune di blog ini ya....



Ganti Touchscreen Xiaomi Redmi 4X, Sepaket dengan LCD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid INSIDE

7 komentar:

  1. Min, setelah ganti lcd sama touchscreennya itu, ada kelemahannya gk? Kayak hp kurang sensitif gitu.

    ReplyDelete
  2. Gerai service di Matahari Singosaren itu tepatnya pas di sebelah mana ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari perempatan singosaren ke arah jalan menuju Bangjo Bunderan Baron..

      Atau silahkan copy ordinat ini ke Goolge Maps

      -7.573101, 110.817803

      Delete
    2. counter yang langganan ts sebelah mana ya? ato ngga cirinya apa hehe

      Delete
  3. kalo ganting casing nya kira2 bisa gk ya ? soalnya bagian blkangnya jga agak penyok klo pny sy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan ganti casing 150-200 ribuan paling gan

      Delete

Posting Terbaru

Developer Game Terbaik Asal Indonesia

Di balik terciptannya sebuah game ada orang-orang terampil yang bekerja keras untuk membuat kaarya yang bisa di terima oleh orang banyak. ...