Mengenal Format File Kategori Anim

Hello...
Setelah kalian belajar untuk memodifikasi kategori Anim dalam PPM pada post ini. Sekarang kita pelajari lebih mendalam terkait format-format file dalam Anim. Tentunya akan kelihatan jenis file berformat apabila kita telah mengexport kedalam sebuah folder. Folder tempat kita export isi Kategori Anim memiliki beberapa ekstensi file diantaranya NIF, JPEG, PNG, GIF, dan M3G serta XML (bukan file dalam Anim, namun sebagai database file susunan Anim). Dalam setiap file yang dipakai dalam Anim, mereka memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Dalam post ini akan kita bahas satu per satu beberapa format file yang menjadi pendukung dalam Anim. Saya menggunakan contoh Nokia 5300 dan Nokia 5130 XM sebagai acuan isi Kategori Anim.



  • JPEG
    Format file gambar JPEG yang digunakan dalam Anim S40v3, S40v5, dan S40v6 digunakan sebagai background tampilan. Terlihat dari resolusi gambar yang sesuai dengan resolusi Hp nya (240x320) ataupun (320x240) sebagai layar tidur maupun layar berdiri. Background dalam Anim ini dapat diganti dengan file beresolusi sama dan transparan untuk memberikan tampilan yang lebih baik. Seperti contoh dibawah ini merupakan file JPEG:format-anim-2 format-anim-2a

  • PNG
    Format file ini digunakan sebagai animasi/tampilan dasar yang dapat dipilih dalam menu ataupun sub menu, semisal ikon pada pengaturan pesan menu utama, panggilan terakhir,  kotak masuk, kotak keluar dan sub menu yang lain sebagainya. Resolusi file PNG dalam Anim sangat bervariasi. Dimulai dari ukuran 1x1 px (pixel) sampai berukuran 100 px lebih. File PNG menjadi file yang paling banyak ditemukan pada Anim. Dengan kualitas yang lebih bagus, file PNG memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan format lain.
    format-anim-3

  • GIF
    Format file yang bergerak, Graphic Interchange Format. Dalam Anim file GIF digunakan sebagai file animasi/ikon yang tidak dapat dipilih seperti sub menu, namun dapat secara otomatis keluar, ketika melakukan panggilan, download, upload dan sebagainya. File GIF memiliki resolusi yang relatif kecil sebagai ikon notifikasi yang ada di bagian atas tampilan dan sebagai peringatan apabila batery lemah atau yang lainnya.
    format-anim-1

  • NIF
    Nokia Image File, akan admin bahas di artikel lain. Biasanya file ini digunakan dalam notifikasi seperti file GIF. File ini memiliki ukuran yang sangat kecil dengan tampilan yang dapat sebaik PNG. File yang khusus dibuat oleh Nokia ini sedikit memiliki aturan tersendiri dalam pembuatannya. Ada beberapa file NIF yang dijadikan background pemutar music atau tampilan pemutar music yang bahkan hanya di rename saja dari file SWF. Selain itu, sebagai file emoticon dalam sms pada S40v3.
    format-anim-6 format-anim-7 format-anim-5
    format-anim-11

  • M3G
    Format file yang sampai saat ini admin belum tahu berfungsi untuk apakah, dan cara pembuatannya. Mungkin hanya pihak Nokia saja yang mengetahui.
    format-anim-4

  • 3GPP
    Iya benar, file video 3GP. Berfungsi sebagaimana file GIF yang bergerak. Format file ini akan kalian temukan pada versi S40v5 keatas.
    format-anim-12


Diatas, merupakan beberapa format file yang akan kalian temukan dalam modifikasi Anim sebagai cikal bakal pengubah tampilan dalam Nokia S40. Dalam mengubah atau mengganti suatu file, diharapkan untuk menggunakan format yang sama dan resolusi yang sama sehingga dicapai tampilan yang maksimal. OK

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Posting Terbaru

Game FPS Android Terbaik

Game FPS adalah salah satu jenis game yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sebelum kemunculan game dengan kategori MOBA seperti ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel