Thursday, 3 November 2016

Kategori Aord, Fungsi Berhubungan dengan Kategori Text

Hallo gan....
Bertemu lagi dengan admin @DroidINSIDE. Sebut saja salah satu admin yang jadul, ngapain juga bahas Nokia yang udah jadul. Mungkin di Indonesia, udah jadul. Tapi di Negara lain, akan kalian temukan masih banyak penggunanya, khususnya negara berkembang. Selain itu, di Indonesia jadi HP kedua setelah pakai Smartphone sekedar untuk SMS an telfon.
Kita lanjut ke materi.
Kategori Text udah admin bahas pada link ini. Sekarang kita ke Kategori Aord. Kategori ini awalnya bagi mastah yang terjun di dunia modifikasi S40 v3 dan v5 mungkin agak asing. Namun admin kali ini akan membahasnya secara mendetail tentang Kategori ini.
Sebagai percontohan admin menggunakan PPM Nokia 5300 (v3) dan Nokia 2700 (v5) yang keduanya Original belum dimodifikasi. Setelah dibuka menggunakan PPMOD (dalam cara ini), kelihatan kedua Kategori ini memiliki kesamaan yang tidak bisa dipisahkan, yaitu sub-Kategori dalam Text pasti selalu ada di sub-Kategori Aord. Kita lihat nih:


kategori-aord-1
Dalam setiap sub-Kategori yang memiliki ID bahasa dan tentu kode bahasanya memiliki kesamaan dalam Kategori Text maupun Aord.


kategori-aord-2
Kenapa sama?
Kedua Kategori saling terpaut, akan sangat kelihatan hubungan keduanya setelah kalian mempelajari CFW Multiboot yang akan admin bahas pada posting lain (Sabar ya).


Fungsi Kategori Aord



  • Dalam S40v6 berfungsi untuk kode masukan dalam papan keyboard. Maksudnya?... Dalam nokia S40v6 sudah terdapat papan keyboard yang menganut sistem QWERTY, dan beberapa tombol memiliki aksen (dalam komputer shift/ctrl untuk mengaktifkan). Apabila tidak sesuai dengan ID bahasa dalam Text dan tidak sesuai dengan versi PPM, maka akan amburadul dalam penulisan. Semisal diatas Q ada tanda petik, ketika diaktifkan akan mengeluarkan simbol yang lain yang tidak sesuai.

  • Dalam S40v6 digunakan untuk tempat simbol (*#@!%^ dst) dimana bisa dimodifikasi untuk menambah simbol. Tetapi, dalam S40v3 dan v5 simbol terdapat dalam Kategori Text.

  • Dalam semua versi Nokia S40, Kategori Aord berfungsi untuk indexing daftar tulisan (apabila Kategori Aord tidak sesuai dengan Text atau dihapus maka pada saat melakukan pencarian seperti nama kontak, maka tidak akan ketemu meskipun ada nama kontak yang dicari)
    kategori-aord-4 kategori-aord-3


Tips
-Apabila ingin menambah sub-Kategori pada Text dan Aord pastikan mengambil dari PPM dengan versi yang sama sesuai dengan kategorinya. Gunakan fitur Export to XML pada klik kanan, kemudian simpan. Klik kanan pada Kategori dan Import from XML untuk menambahkan yang telah disimpan.


Terima kasih atas kunjungannya, stay tune ya. OK

Kategori Aord, Fungsi Berhubungan dengan Kategori Text Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid INSIDE

0 komentar:

Post a Comment

Posting Terbaru

Developer Game Terbaik Asal Indonesia

Di balik terciptannya sebuah game ada orang-orang terampil yang bekerja keras untuk membuat kaarya yang bisa di terima oleh orang banyak. ...