Nokia S40, Jadul? Nggak Juga

Dulu pada tahun 2010 sampai tahun 2013, merupakan masa dimana kejayaan modifikasi salah satu jenis handphone ini...


Ada yang belum tahu kalau si HP jadul ini bisa dimodifikasi?...



Nokia S40 atau Symbian 40 ini merupakan salah satu karya Nokia Corp. Pada sekitar satu dasawarsa lalu, saat itu Si S40 merupakan produk handphone yang diminati banyak orang-orang Indonesia. Kenapa? Dalam hal ini pasar di negara kita sangat empuk bagi perusahaan asal Finlandia ini. Banyak pengguna di Indonesia menganggap bahwa Si S40 ini merupakan ponsel JAVA. Ya, Java hanya karena dapat menjalankan aplikasi JAVA. Sedikit berbeda dengan Symbian 60 yang memuat aplikasi SIS dan sering disebut Symbian. Padahal kedua jenis firmware yang digunakan adalah Symbian 40 dan Symbian 60. Kebanyakan orang mengenal HP Nokia JAVA dan Symbian.




Berbicara tipe S40 tak lepas dari klasifikasi yang ada di dalamnya. S40 memiliki tingkatan Tipe dari versi 3, versi 5, versi 6, dan yang terakhir dan paling baru adalah S40 ASHA. Sudah tahu pasti tipe Nokia yang diantaranya si Symbian versi 3 yaitu seperti Nokia 5300 Express Music, versi 5 seperti 5130 Express Music, versi 6 seperti X2-01, dan Asha sudah pasti dengan nama asha contohnya ASHA 210, dan lain sebagainya. Meskipun sudah bukan jamannya lagi, namun sangat perlu kia lestarikan  untuk kedepannya.


Kenapa Perlu di Lestarikan?
Sekarang ini adalah jaman android, jaman yang sangat canggih dimana prosesor sebesar komputer/laptop bisa masuk kedalam sebuah device kecil. Tentu dengan kecanggihan teknologi ini maka keamanan untuk setiap akses file dan internet sangat ketat. Masalah yang sedikit rumit ini berimbas pada para GRETONGER yang mencari gratisan ini kesulitan dalam menjalankan misi gratisan mereka. Dengan kembali mengacu pada HP jadul, kita dapat merawatnya dan menggunakannya sesuai dengan fungsi nya, walau jauh inferior dibandingkan dengan Smartphone masa kini.


Ada Satu Lagi...
Nokia terkenal karena battery nya awet vroh.....
Nggak hanya itu, walaupun jadul namun si HP ini memiliki build quality yang nggak kalah sama Android jaman sekarang yang makin kesini makin murah dan berkualitas Downgrade.


Kita ke materi, dalam Nokia S40 kita akan mengenal  file penting dalam struktur media visualnya.
Diantaranya :

  • MCUSW : (ane nggak tau singkatannya gan) Merupakan ekstensi file yang dikembangkan oleh Nokia Corp. File mcusw termasuk kedalam file "Bervariasi" dimana hanya pihak  Nokia saja yang bisa membukanya.

  • PPM : Post Programmable Memory, merupakan file dalam firmware yang  berisi susunan Bahasa,Text, Font, Unicode, Pencarian Nama, Susunan Navigasi, Susunan Nada dan lainnya.

  • IMAGE: Seperti file .img yang dikenal sebagai CD dimana disini merupakan susunan memory internal pada HP. Berisi skin music, skin radio, fitur homescreen yang unik, dan lainnya.
Last, sedikit pengetahuan yang bisa admin DroidINSIDE berikan untuk pembaca. Sebenarnya masih banyak materi yang bisa admin sampaikan, namun demi kenyamanan dalam membaca konten. Admin akan meneruskan di lain sesi saja .. OK...


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Posting Terbaru

Game FPS Android Terbaik

Game FPS adalah salah satu jenis game yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sebelum kemunculan game dengan kategori MOBA seperti ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel