Intip Jeroan PPM S40

Kali ini admin akan share sedikit ilmu dasar yang sangat berguna untuk agan dapat melanjutkan modifikasi nokia S40 lebih lanjut. Dasar ini penting untuk diketahui agar agan nggak nyasar waktu modifikasi ini HP.


Tak kenal maka tak sayang, sedikit peribahasa saja. Yuk kita kenal PPM dari S40 v3, v5, v6, dan asha. PPM yang dimaksud merupakan Post Programmable Memory yang telah admin bahas sedikit di artikel ini. Di bawah ini hanya sebuah gambaran secara umum isi dari file PPM yang merupakan gudangnya, ujung tombak, tolak ukur dalam modifikasi nokia S40. Penting untuk mengetahui setiap celah PPM mana yang harus dijaga atau dipertahankan dan bagian PPM mana yang harus dihapus atau dibiarkan saja. Yuk, kita lihat struktur PPM beberapa versi s40 dibawah ini.


Isi PPM S40v3 (Nokia 5300 as example)


ppm-v3




Isi PPM S40v5 (Nokia 2700 as example)


ppm-v5


Isi PPM S40v6 (Nokia C3-00 as example)


ppm-v6


Isi PPM S40 Asha Single SIM (Nokia Asha 311 as example)


ppm-vasha


Bagaimana?
Sudah keliatan perbedaan tiap isi  PPM dengan versi yang berbeda. Tanpa saya sebut satu-satu perbedaan jumlah menu yang ada di dalam nya memberikan gambaran kompleksnya modifikasi S40 ini. Semua gambaran isi PPM merupakan PPM yang masih original dan belum pernah diedit (langsung dari situs resmi nokia penyedia firmware). Untuk PPM S40v3 ada versi yang lain yang belum admin tambahkan, karena cukup unik S40v3 yang lain ini.


Informasi.


Di sebelah kanan PPM, apabila akar menu PPM telah dibuka maka akan muncul informasi terkait PPM yang telah di load.


detail-ppm-kanan


v 07.20 merupakan Versi Firmware


23-10-08 merupakan  tahun pembuatan Firmware


Rm-146 merupakan Kode Firmware seperti pada bawah bateri (cek *#0000#)


PPM Lang: X merupakan Kode daerah Firmware, setiap region akan dimunculkan dengan kode yang berbeda-beda.


Cara buka?
Menggunakan aplikasi bernama PPMOD, yang merupakan salah satu aplikasi yang dapat membuka PPM. PPMOD ini beragam juga dalam penggunaanya, seperti untuk membuka s40 Asha ppmod pun perlu settingan khusus atau yang telah dimodifikasi pengaturan didalamnya. Admin akan menjelaskan panjang lebar link dan tipe beberapa PPMOD di lain waktu ya.


Yang Penting!
Dengan berbekal pengalaman yang sedikit ini, dalam modifikasi PPM ada menu yang paling sering diedit atau menu yang apabila diedit dengan batas tertentu masih menjamin keselamatan HP nya. Iya biar selamat harus ada tolak ukur tertentu untuk PPM sendiri. Menu penting untuk modifikasi yang admin akan jelaskan kulitnya saja antara lain:



  • TEXT : Tempat dimana semua tulisan atau daftar kata dalam tampilan

  • ANIM : Tempat semua gambar animasi dalam tampilan

  • TONE : Berisi ringtone bawaan hp yang tidak ada di memory telefon (nada original)

  • FVNT  : Jenis atau tampilan FONT yang tertampil


Dengan memahami karakeristik dari PPM maka untuk kedepannya tidak ada lagi kesalahan dalam pemilihan/download firmware. Karena salah awal dalam hal ini dapat menyebabkan kerusakan software. Last, informasi penting ini harus dipahami baik-baik.OK


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Posting Terbaru

Game FPS Android Terbaik

Game FPS adalah salah satu jenis game yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sebelum kemunculan game dengan kategori MOBA seperti ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel